HomeEntrepreneursRetailer Sepatu Olahraga Online Bernama Zopato
logo zopato

Retailer Sepatu Olahraga Online Bernama Zopato

Entrepreneurs 0 9 likes 1K views share

Dunia olahraga memang tak ada habisnya, berawal dari kecintannya terhadap dunia olahraga. Itulah yang mengawali Rifqi Fuady untuk menjual produk sepatu olahraga di dunia online. Sejak 2011, dalam kecintaanya ngeblog. Akhirnya tercetuslah ide untuk menjual sepatu olahraga di internet. awalnya produk yang dijual pertama kali adalah sandal gunung, yang hanya memakai sosial media seperti facebook dan twitter. Bahkan dia mengklaim sebagai orang pertama yang mengenalkan produk tersebut di kawasan Rembang Jawa Tengah saat itu.Pada awal 2013 , toko online pertama Zopato dibuat, memakai platform yang alakadarnya, Zopato didirikan dengan domain www.presidensepatu.com , namun domain tersebut akhirnya gagal dalam satu tahun.Karena produk yang dijual belum spesifik dan masalah hosting. Kemudian awal 2014, Rifqi memilih fokus untuk menjual produk sepatu futsal dengan nama www.belifutsal.com. karena pertimbangan beberapa hal, sejak 2015 awal diganti menjadi www.sepatufutsal.co.Tak selang beberapa lama, setelah kesuksesan menjual produk sepatu futsal, pada Agustus 2015 dibentuklah zorunning.com (produk sepatu lari), Zominton.com (Produk sepatu badminton), dan Zoutdoor.com (Produk sepatu gunung) yang kesemuanya adalah bagian dari Zopato Group.

Ternyata Tuhan Tidak Pernah Menciptakan Kemiskinan !

Layaknya dalam bisnis convensional yaitu promosi atau mengenalkan produk. Dalam bisnis online ada dua cara untuk menganalkan produk kepada calon pelanggan. Yaitu branding dan SEO, apa yang membedakan keduanya? (simak artikel selengkapnya di sini). Rifqi menuturkan bahwa, banyak orang bilang bisnis online itu tanpa modal. Iya membenarkan hal tersebut, tapi pasti akan kalah dengan yang pakai modal. Tengok saja Mataharimall.com, dengan menggelontorkan dana sekitar 9 Triliun, pasti akan memecah fokus terhadap retailer skala middle sampai low.Nah yang dipakai Zopato adalah lebih mengutamakan SEO (Search engine optimization). Yaitu bagaimana website Zopato masuk 10 besar dalam page 1 google dalam kata kunci tertentu. Dan ini membutuhkan biaya mahal apabila kita masih berbentuk startup.Tapi bisa diakali dengan perkaya konten dan perbanyak visitor. Selain itu, zopato juga melakukan branding di social media seperti twitter, instagram, bahkan private social seperti Line@.Nah untuk waktu tertentu, Zopato juga sering memberikan diskon berupa pemberian kode voucher. Hal ini terbukti menarik dan mendorong orang untuk terus berbelanja.Tak hanya lewat website, zopato juga menjual produknya melalui marketplace Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia.

Selama 3 tahun terakhir ini, Zopato mengalami dinamika yang cukup baik. Rifqi mengungkapkan bahwa saat pertama dibuka pada 2013, jumlah pengunjung website semakin bertambah dari tahun ketahun. Dan itu berbanding lurus dengan nilai konversinya.Namun yang terjadi saat ini adalah kata toko online semakin booming dimasyarakat, pengguna internet semakin banyak, dan kompetitor juga semakin banyak. Hal ini bisa menjadi keuntungan atau bencana tergantung skema yang diterapkan.

Rifqi Mengatakan, bahwa nilai investasi didunia online kali ini juga drastis dibanding tiga tahun lalu. Zopato pernah MenSEOkan beberapa kata kunci di 2013 dan 2015, tapi hasilnya lebih sulit di 2015. Ini menunjukan bahwa kompetitor semakin banyak dan berkualitas. Jadi saat ini yang dilakukan Zopato adalah terus memperbaiki sistem webiste, produk, layanan, serta konten produk artikel.

Awalnya zopato hanya memakai skema B2C (business to consument), namun sejak 2014 menambah  skema B2B (business to business). Tiap skema memiliki kelebihan dan kekurangan, namun hal yang paling menguntungkan adalah B2B, karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya iklan bahkan sudah mampu menciptakan mesin duit sendiri. Nah bahayanya adalah, ketika pedagang kita beralih ke supplier lain, kita bisa jadi Zero Income. Makanya yang paling bijak adalah memakai keduanya secara bersamaan, dengan memberi harga atau layanan yang berbeda pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *