HomeMotivasiRamadhan: Bulan Berkah bagi Pengusaha

Ramadhan: Bulan Berkah bagi Pengusaha

Motivasi Tips Bisnis 0 2 likes 1.2K views share

Bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh setiap muslim. Di bulan ini setiap muslim ditempa dengan ibadah puasa untuk meningkatkan ketakwaan. Jika Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan bagi setiap muslim, maka dalam perspektif bisnis, saya berpandangan bahwa Ramadhan juga bulan penuh keberkahan bagi setiap pengusaha. Anda boleh saja tidak sependapat, tetapi sebaiknya anda baca dulu uraian saya.

Jika Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan bagi setiap muslim, maka Ramadhan juga bulan penuh keberkahan bagi setiap pengusaha.

Setiap pengusaha akan kebanjiran order di bulan Ramadhan. Walaupun berpuasa, kebutuhan makanan dan minuman setiap muslim akan mengalami kenaikan. Mereka membutuhkan sajian yang spesial untuk berbuka dan sahur. Tidak heran jika banyak orang tiba-tiba beramai-ramai berjualan kuliner setiap memasuki bulan ini.

Belum lagi nanti ketika mendekati lebaran. Banyak orang membutuhkan pakaian baru untuk dipakai di hari raya. Makanan ringan juga akan dibeli dalam jumlah banyak sebagai stok untuk disajikan di ruang tamu. Agen tiket, travel, dan sejenisnya juga akan kebanjiran order, karena masyarakat Indonesia akan beramai-ramai mudik ke kampung halaman masing-masing.

Di bulan Ramadhan biasanya tiba-tiba terjadi inflasi, yakni kenaikan harga barang pokok. Tidak seperti di bulan-bulan lainnya, meskipun harga naik, permintaan juga tetap naik. Harga barang pokok akan menjadi stabil setelah bulan Ramadhan usai. Hal ini hanya terjadi di Indonesia dengan budaya kentalnya memeriahkan bulan Ramadhan.

Suasana Ramadhan inilah yang banyak digunakan pengusaha untuk meraup keuntungan. Banyak juga yang memanfaatkan bulan ini sebagai ‘aji mumpung’, mumpung ramai, mumpung kebutuhan sedang naik, mumpung banyak yang mau beli, maka dengan tiba-tiba banyak orang berjualan. Bagi saya ini tidak masalah. Anda yang masih bermental kecil untuk memulai berwirausaha dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Barangkali dengan memulai di bulan Ramadhan ini anda dapat meraup keuntungan besar dan akhirnya semakin optimis untuk berwirausaha bi bulan-bulan berikutnya. Setidaknya anda sudah belajar memulai wirausaha di bulan Ramadhan ini dan sudah mendapatkan pengetahuan dasarnya. Bagi anda yang sudah mempunyai bisnis, di bulan Ramadhan ini anda akan dilatih untuk memaksimalkan manajemen usaha anda dengan melayani konsumen dalam jumlah banyak.

Sekali lagi, bulan Ramadhan tidak hanya menjadi bulan berkah bagi setiap muslim, tetapi juga menjadi bulan berkah bagi setiap pengusaha. Percayakah anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *