HomeMotivasiCintailah Produk-Produk Indonesia? Yakin?

Cintailah Produk-Produk Indonesia? Yakin?

Motivasi 0 32 likes 1.2K views share

Persaingan dalam dunia wirausaha dewasa ini sangat ketat dengan dipicu oleh arus globalisasi. Apalagi dengan diresmikannya Masyarakat Ekonomi Asean, hal ini akan memicu beragam produk keluar masuk negara satu ke negara lain dengan bebas. Di satu sisi, ini menjadi peluang bagi kita untuk dapat bersaing dengan produk-produk negara lain. Di sisi lain, justru ini akan menjadi bencana jika kita tidak siap menerimanya.

Ada satu ungkapan menarik yang perlu kita cermati berbunyi, “Cintailah produk-produk Indonesia!”. Ungkapan ini sering disampaikan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan produktivitas produsen lokal dan meningkatkan angka pertumbuhan perekonomian nasional. Anehnya, ungkapan ini juga sering disampaikan oleh produsen lokal dan para pelaku wirausaha demi melariskan barang dagangannya.

Dalam hal ini, masyarakat sering disudutkan karena pilihannya pada produk asing. Faktor utama yang membuat masyarakat memilih produk asing adalah karena produk asing lebih unggul daripada produk Indonesia, terutama dari segi kualitas. Salah satu faktor lain adalah masyarakat tidak menemukan produk yang dicari kecuali produk itu diproduksi oleh negara lain sehingga negara Indonesia pun harus mengimpornya dari negara lain. Akhirnya, jelaslah sudah mengapa masyarakat lebih memilih produk asing dan meninggalkan produk buatan Indonesia.

Sebenarnya tidak perlu seheboh itu menggencarkan seruan mencintai produk Indonesia. Kitalah sebagai pebisnis yang harus mampu mengubah pilihan masyarakat Indonesia ke produk lokal. Kita harus mampu menciptakan produk unggul, bernilai tinggi, dan dapat memenangkan kompetisi pasar, hingga akhirnya pilihan masyarakat jatuh pada produk lokal tersebut.

Anda mungkin saja masih ngeyel dan mengatakan bahwa masyarakat memilih produk asing juga karena mempunyai nilai gengsi tinggi. Bagi saya itu alasan klasik. Justru karena faktor gengsi itulah, kita juga harus mampu membuat produk lokal yang mempunyai nilai gengsi tinggi. Dengan kata lain, selama ini kita kalah dalam hal branding dengan produk asing.

Itulah tugas kita sebagai pebisnis Indonesia. Selain menciptakan produk unggul, kita juga harus mampu melakukan branding yang kuat. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi menyeru  kepada masyarakat untuk mencintai produk-produk Indonesia, melainkan masyarakat sendirilah yang memilih produk itu karena menyadari bahwa produk Indonesia lebih unggul daripada produk asing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *