HomeEntrepreneursBandeng Rawe: Makanan Legenda Bumi Ronggolawe Tuban

Bandeng Rawe: Makanan Legenda Bumi Ronggolawe Tuban

Entrepreneurs 0 34 likes 1.4K views share

Alkisah, sebelum menyerbu pasukan Kubilai Khan dari Mongol, Adipati Ronggolawe bersama pasukannya menyantap masakan bandeng untuk mengisi kekuatan. Masakan bandeng itu terbukti ampuh membangkitkan semangat dan kekuatan Ronggolawe beserta pasukannya hingga mampu membantai ribuan pasukan Kubilai Khan di Pesisir Utara Tuban. Konon, masakan bandeng itu diperoleh dari resep rahasia pertapa sakti dan diwariskan secara turun temurun. Selama satu abad yang lalu resep tersebut hilang entah ke mana. Akhirnya, ada seseorang yang bermimpi bertemu pertapa sakti tersebut dan diberikan kembali resep rahasia itu, lalu mengemasnya menjadi sebuah produk bernama Bandeng Rawe Khas Tuban.

*Cerita ini hanyalah fiktif belaka, ditulis untuk membangkitkan passion, semangat, dan optimisme Anda untuk menghadapi tantangan hidup layaknya Ronggolawe beserta pasukannya.

Itulah cerita yang tertulis dalam branding produk Bandeng Rawe: Makanan Legenda Bumi Ronggolawe. Cerita ini ditulis oleh pebisnis kreatif Ahmad Musyaddad, seorang putra daerah Kabupaten Tuban. Musyaddad menjelaskan bahwa ia memulai bisnis kuliner ini berawal dari keresahannya terhadap kuliner khas Kabupaten Tuban.

“Sejauh yang saya tahu, Kabupaten Tuban belum mempunyai makanan khas daerah. Kalau batik sudah ada sejak dulu, kita punya batik gedhog. Kalau kuliner belum”. Musyaddad melanjutkan, “Padahal potensi yang dimiliki Kabupaten Tuban sangat tinggi. Kita punya hasil laut, kita punya tambak, kita punya buah siwalan, dan sebagainya. Kami bikin makanan khas Tuban untuk memberikan identitas, sehingga kalau ada orang yang tanya tentang makanan khas Tuban atau berkunjung ke Tuban dan ingin membawa oleh-oleh, kita bisa langsung menjawabnya”.

Musyaddad menjelaskan bahwa nama “Rawe” diambil dari tokoh legendaris Kabupaten Tuban bernama Ronggolawe, seorang adipati yang hebat di zaman Kerajaan Majapahit. Cerita terkenal tentang Ronggolawe adalah misi yang dibawanya dari Kerajaan Majapahit untuk menggempur pasukan Kubilai Khan dari Mongol yang berusaha menggangu stabilitas kerajaan. Karena kegigihannya, akhirnya Ronggolawe beserta pasukannya memenangkan peperangan tersebut.

Adapun ikan bandeng dipilih karena bandeng adalah ikan air tawar yang mudah dikembangbiakkan di tambak sehingga lebih mudah pula menjaga quality controlnya. Selain itu, kandungan gizi yang dimiliki ikan bandeng sangat tinggi. Telah banyak penelitian dilakukan dan menyebutkan bahwa kandungan omega 3 yang dimiliki bandeng lebih tinggi daripada ikan salmon.

Bandeng Rawe Makanan Legenda Bumi Ronggolawe

Musyaddad dalam menjalankan bisnis ini tidak sendiri. Dalam hal produksi ia banyak dibantu oleh Bambang Triwahyudi Founder Omahe Bakpia, sedangkan Winda Ayu dan Ahnaf Arkanata membantunya dalam hal promosi dan pemasaran. Musyaddad berharap produk Bandeng Rawe ini mendapatkan respon yang positif dari pasar, terutama dari masyarakat Tuban dan pemerintah daerah. Ia optimis produknya akan dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar.

“Kami berharap produk ini mendapatkan perhatian yang lebih dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Kami yakin produk yang innovatif akan mendapatkan tempat di hati masyarakat, apalagi kami bikin ini khusus dengan membawa nama Kabupaten Tuban”, kata Musyaddad. Ia optimis produk ini akan mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar. Ia tidak menghimbau masyarakat untuk mencintai produk-produk lokal Indonesia, melainkan ia justru menghimbau kepada para pebisnis untuk dapat menciptakan produk unggul, bernilai tinggi, dan dapat memenangkan kompetisi pasar, hingga akhirnya pilihan masyarakat jatuh pada produk tersebut.

“Menghimbau kepada masyarakat untuk mencintai produk lokal itu kurang tepat. Justru kitalah (para pebisnis) yang harus mampu mengembangkan produk unggul hingga akhirnya dapat merebut hati masyarakat. Saya bawa produk ini ke persaingan pasar, saya harap Bandeng Rawe ini jadi juara!”, tangkas Musyaddad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *